oleh

Perempuan Harus Melek Digital

-Why-647 views

REKAM – Pesatnya perkembangan teknologi informasi menjadi salah satu tantangan besar bagi seluruh elemen masyarakat.

Dalam hal ini, peran perempuan di era yang serba digitalisasi pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

Demikian diungkapkan Viola, kader Kopri Kabupaten Bogor pada saat mengikuti Sekolah Kader Kopri (SKK) II se-Jawa Barat yang digagas PC Kopri Kota Tasikmalaya di Gedung MUI, Sabtu (10/12/2022).

Ia menuturkan, dampak dari perubahan di zaman ini bersifat multisektor, baik itu dari sisi ekonomi, politik, pendidikan dan juga kehidupan sosial.

Maka, kata dia, sebagai kader perempuan harus ikut berperan dan juga menyeimbangkan dengan perkembangan zaman.

“Ini penting, karena tidak dipungkiri bahwa yang terjadi hari ini kehidupan masyarakat sudah bisa dibilang ada ketergantungan kepada teknologi salah satunya sosial media,”ujarnya.

Lalu, perubahan media saat ini bukan lagi menjadi sebatas kebutuhan melainkan sudah menjadi tuntutan kehidupan.

Selain itu, dari melek digital akan lebih mampu memfilter informasi-informasi yang bersifat hoax atau berita bohong.

“Kita sebagai juga perempuan harus melek digital, jangan sampai kita dibodohi dan tentunya kita harus lebih bijak terhadap berita atau informasi,”ucapnya.

Senada dikatakan Wili Suminar, S.Pd, kader Kopri Kota Tasik ini mengatakan, dampak dari kemajuan teknologi saat ini mampu merubah kehidupannya.

“Kenapa saya bisa bilang seperti itu, karena ini terjadi kepada diri saya sendiri. Kehidupan saya berubah drastis dari dampak perkembangan teknologi,”jelasnya.

“Sekarang gadget merupakan anggota tubuh baru dalam kehidupan kita,”katanya menambahkan.

Sementara, Ketua Pelaksana Kegiatan Sari Julianti mengatakan, kegiatan tersebut sedikitnya diikuti oleh 15 orang kader perempuan terbaik di Jawa Barat.

Mereka, jelas dia, berasal dari empat daerah berbeda. Seperti Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan itu mampu memberikan perubahan kearah yang lebih baik bagi Kopri di Jawa Barat.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh panitia dan kader yang telah mengikuti SKK ini. Semoga dengan adanya Sekolah Kader KOPRI Se-Jawa Barat ini bisa memberikan ilmu dan perubahan kepada peserta yang telah mengikutinya,”pungkasnya.

Komentar